Mengatasi Paket Apache Tidak Berjalan di Xampp

Fokus-BHelajar - Xampp adalah aplikasi yang berisi paket apache, mysql, FileZilla dan lain-lain dan berfungsi untuk menjalankan paket-paket tersebut. Xampp menggunakan port-port pada sistem untuk menjalankan paket-paket tersebut. Bukan hanya Xampp, sebagian aplikasi lain pun menggunakan port-port pada sistem dalam melakukan tugasnya. Maka tidak jarang terjadi bentrok saat satu port berusaha digunakan oleh lebih dari satu aplikasi.


Saya mengalami masalah saat menjalankan aplikasi Xampp. Saat menjalankan paket apache, paket tersebut tidak bisa running. Dengan mengacu pada sebab permasalahan yang saya katakan tadi, yaitu masalah pada portnya, maka saya menyimpulkan bahwa ada aplikasi lain yang menggunakan port yang hendak ingin saya pakai untuk menjalankan paket apache dengan Xampp. Maka saya berfikir untuk menghentikan aplikasi yang mengguanakn port tersebut, namun masalahnya saya tidak tahu aplikasi apa. Selanjutnya saya coba mengubah port yang hendak digunakan untuk menjalankan paket apache menggunakan Xampp, dan ternyata bisa.


Jika sobat mengalami masalah yang sama yaitu tidak bisa menjalankan paket apache di Xampp, sobat bisa menggunakan cara ini untuk mengatasinya. Sobat juga bisa sekedar mencoba menggunakan cara ini jika paket selain apache, yaitu mysql, FileZilla dan lain-lain juga tidak mau berjalan.


Mengatasi Paket Apache Tidak Berjalan di Xampp



  • Buka file httpd.conf di folder C:\xampp\apache\conf\ dengan menggunakan aplikasi notepad. Atau tekan tombol Config > Apache (httpd.conf).
  • Port yang digunakan disini adalah port 80. Dengan menggunakan tombol ctrl+F, cari dan ubah setiap angka 80 yang ada di dalam file httpd.conf menjadi angka berapa pun yang sobat mau. Namun sebaiknya mencoba angka secara berurutan yaitu dimulai dari 81 dan seterusnya.
  • Jika sudah silakan simpan file httpd.conf
  • Selanjutnya, buka file httpd-ssl.conf di C:\xampp\apache\conf\extra\ dengan menggunakan notepad. Atau tekan tombol Config > Apache (httpd-ssl.conf)
  • Port yang digunakan disini adalah port 443.Dengan menggunakan tombol ctrl+F, cari dan ubah setiap angka 443 yang ada di dalam file httpd-ssl.conf menjadi angka berapa pun yang sobat mau. Namun sebaiknya mencoba angka secara berurutan yaitu dimulai dari 444 dan seterusnya.
  • Jika sudah silakan simpan file httpd-ssl.conf

Pertama sobat ubah angka 80 dan 443 pada file httpd.conf dan httpd-ssl.conf dengan angka 81 dan 444. Jika masih belum bisa, coba sobat ubah salah satunya saja, hanya angka 80 pada file httpd.conf atau hanya angka 443 pada file httpd-ssl.conf saja yang diubah.
Jika dengan angka 81 dan angka 444 masih belum berhasil, coba sobat gunakan angka lainya. Seperti 82,83,84 dan 445,446,447 dan seterusnya, coba secara berurutan.


Jika sobat sudah mengubah port paket apache di Xampp, silakan coba start paket Apache tersebut.


Jika ketika di-start tulisan Apache menjadi berlatar hijau seperti gambar diatas, maka paket tersebut berhasil running. Coba perhatikan bagian port. Ketika saya ubah angka 80 pada file httpd.conf dengan angka 81, dan mengubah angka 443 pada file httpd-ssl.conf dengan 444, paket Apache masih tidak berjalan. Saya terus melakukan percobaan, hingga akhirnya saya hanya mengubah angka 443 pada file httpd-ssl.conf dengan 444, dan hasilnya work.

Mungkin sobat bisa saja mengalami perbedaan dalam mengatasi masalah ini. Namun semoga dengan artikel yang saya buat ini, sobat bisa Mengatasi Paket Apache Tidak Berjalan di Xampp.
Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
September 23, 2016 at 7:30 AM ×

autolike http://ryanliker.ga http://mrzonk.biz

Balas
avatar
admin

PERINGATAN !!!

1. Berkomentarlah sesuai topik pembicaraan
2. Dilarang membuat masalah/mengejek dengan komentator lain
3. Dimohon untuk berkomentar dengan bahasa Indonesia yang baku dan sopan
4. Terima Kasih Telah Mematuhi Peraturan Blog Ini Show Conversion Code Hide Conversion Code Show Emoticon Hide Emoticon

Thanks for your comment