Tom Donhou Kendarai Sepeda Buatan Sendiri Berkecepatan 164 km per Jam

Fokus-BelajarUntuk penggemar olahraga sepeda seperti Tom Donhou, hanya ada satu misi yang ingin dicapainya yaitu secepat mungkin mengendarai kendaraan beroda dua.Sebagai seorang anak ia terinspirasi dengan hal itu ketika menonton dan membaca tentang upaya pencapaian rekor dunia mengendarai sepeda yang telah berlangsung sejak tahun 1960 tersebut.


Saat ini rekor kecepatan sepeda adalah 167 mph atau sekitar 268,76 km/jam yang diciptakan oleh Fred Rompelberg menggunakan mobil balap sebagai terowongan angin (wind tunnel) di atas permukaan garam. “Kami tidak punya mobil balap atau permukaan garam,” kata Donhou.  “Tapi ini bukan tentang pencatatan rekor. Ini adalah tentang bagaimana menggunakan imajinasi kita. Kami menggunakan mobil lama saya dan sepeda saya dibuat untuk melihat seberapa cepat kami bisa melaju. ”

Dan sekarang, dalam upaya untuk membuktikan hal tersebut, Tom bekerja keras membuat berbagai rekayasa di halaman belakang rumahnya guna menciptakan sebuah sepeda buatan sendiri yang mampu melaju dengan kecepatan hingga 80mph atau sekitar 128,75 km per jam.

Dalam pengujian pertama, Tom Donhou mampu mencapai kecepatan 60 mph atau sekitar 96,56 km/jam. Tapi dia merasa kecepatan sepedanya ini masih bisa ditingkatkan lagi.

Bersepeda di jalanan datar yang normal, umumnya seorang pengendara amatir mampu mencapai kecepatan sekitar 20mph atau sekitar 32,19 km/jam dengan menggunakan sepeda normal. Dan dengan sepeda balap mereka bahkan bisa mencapai 30mph atau sekitar 48,28 km/jam.



Seorang pengendara sepeda Perancis sempat memecahkan rekor kecepatan darat di sepeda dengan menggunakan roket hidrogen peroksida dibagian frame nya. Francois Gissy dari Alsace mencatat kecepatan tertinggi 163mph (262,32 km/jam) pada sepeda sendiri yang dibangun pada landasan pacu tua di Munchhouse di North Eastern Perancis.

Namun seorang pembalap profesional mampu melaju hingga 50mph atau mencapai 80,47 km/jam. Salah satu faktor utama yang harus diatasi adalah hambatan udara. Inilah sebabnya mengapa Tom Donhou membangun sebuah frame kayu dibelakang mobil Ford Zephyr miliknya untuk mereduksi gangguan angin tersebut.

Kecepatan tertinggi 80mph dicapai Tom Donhou pada lintasan lama bekas Perang Dunia Dua yang memiliki lintasan cukup datar, trek lurus.

Namun karena lintasan tersebut belum steril dari kendaraan yang masih lalu lalang, Tom kemudian memilih menghentikan aktifitasnya dan kembali ke bengkel hingga akhirnya mencoba lagi dan mencapai kecepatan hingga 102mph atau mencapai 164,15 km/jam.


Tom belum menyerah dengan hasil dicapainya ini dan berharap dirinya akan mencapai kecepatan yang lebih tinggi lag
Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
January 20, 2015 at 5:54 AM ×

Wow ... Sepeda saja bisa secepat itu ... keren sekali ...
Motor bapak saya mungkin kalah telak :v

Balas
avatar
admin
January 20, 2015 at 5:58 AM ×

hahahhahaha iya gan, sekarang sudah modern, mungkin kita saja yang telat, dan di luar sana, wowww sudah banyak sekali perubahan yang kita tidak di ketahui

Balas
avatar
admin

PERINGATAN !!!

1. Berkomentarlah sesuai topik pembicaraan
2. Dilarang membuat masalah/mengejek dengan komentator lain
3. Dimohon untuk berkomentar dengan bahasa Indonesia yang baku dan sopan
4. Terima Kasih Telah Mematuhi Peraturan Blog Ini Show Conversion Code Hide Conversion Code Show Emoticon Hide Emoticon

Thanks for your comment